Cara Budidaya Cacing Sutera Paling Mudah dan Praktis

Sekarang ini sudah banyak sekali masyarakat yang membudidayakan cacing sutera. Sebelumnya, bisnis yang satu ini masih sangat jarang diminati tetapi sekarang sudah banyak masyarakat yang mencoba bisnis ini. Hal ini tak lain karena kebutuhan akan cacing sutera sudah semakin meningkat sedangkan produksi cacing sutra dalam negeri bisa dibilang sangat terbatas.

Hal ini terbukti dengan para penjual ikan hias dan usaha pembenihan, mereka selalu mengandalkan ketersediaan jenis cacing ini pada para peternaknya. Pakan pengganti cacing sutera sebenarnya sudah lama ada tetapi peran cacing sutera masih belum bisa tergantikan sampai saat ini. Nah, jika Anda tertarik untuk membudidayakan jenis cacing ini maka berikut ini kami akan berikan informasi mengenai langkah-langkah budidaya cacing sutra.

Langkah-Langkah Budidaya Cacing Sutra

Cara budidaya cacing ini memang cukup mudah dengan modal yang tidak terlalu besar sehinggga cocok untuk dicoba. Adapun langkah-langkah dalam budidaya cacing sutra adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan bibit

Bibit cacing sutera kini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko ikan hias atau bisa pula diambil langsung dari alam. Namun jika Anda mengambilnya dari alam maka cacing tersebut harus dikarantina dulu. Hal ini sangat penting karena bibit tersebut dikhawatirkan membawa banyak bakteri patogen. Lakukan karantina sekitar 2 – 3 hari dengan cara dialiri dengan air bersih.

  1. Media Budidaya

Budidaya cacing sutera dengan mudah dan praktis  disini bisa menggunakan nampak plastik. Pada intinya yang penting adalah air, usahakan air selalu dalam kondisi yang mengalir. Ternak cacing sutra dengan nampan plastik ini bisa juga dengan sistem rak karena bisa dibilang lebih mudah dan rapi dimana nantinya saluran air yang masuk cukup ditempatkan pada nampan bagian paling atas.

  1. Perawatan cacing sutera

Pemeliharaan atau perawatan cacing sutera bisa dilakukan dengan menjaga debit air supaya tetap pada kisaran 5 sampai 7 cm. Jangan lupa untuk memberikan fermentasi kotoran ayam serta makanan tamabahan yang lainnya seperti ampas tahu dan sawi ketika berumur 10 sampai 12 hari.

  1. Panen

Cacing sutera sudah dapat dipanen saat memasuki umur 70 sampai 75 hari. Teknis panen cacing sutera disini adalah dengan menaruh nampan plastik ditutup sampai gelap. Biarkan kurang lebih 5 sampai 6 jam, cacing pun akan terlihat bergerombol di permukaan. Selanjutnya kumpulkan cacing tersebut dan ambil dengan menggunakan serok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *