Cara Mudah Membuat Burung Kacer Lebih Sehat dan Gacor

Kacer dikenal juga dengan nama Kucica Kampung. Burung ini dikenal dengan badannya yang mungil dan memiliki warna bulu yang unik. Persebarannya ada di sekitar Asia Selatan dan Tenggara. Karenanya burung ini lebih mudah ditemukan di Indonesia. Sayangnya, Burung Kacer saat ini mulai langka, karena perburuan liar berlebihan yang dilakukan manusia dengan alasan pemeliharaan.

Perburuan liar dan pemeliharaan, dijadikan alasan karena burung ini memiliki suara yang merdu dan indah. Dalam perlombaan suara burung ini kerap dijadikan juara karena dianggap merdu dan nyaman saat didengarkan. Tapi, semuanya itu disesuaikan dengan cara perawatan. Jika perawatan tidak dilakukan dengan maksimal, maka burung tidak akan memberikan hasil. Lantas, bagaimana cara perawatannya?

pickupimage.com

6 Cara Perawatan Burung Kacer

Inilah beberapa cara perawatan yang dapat dilakukan untuk membuang burung kucica kampung yang dipunyai terlihat lebih sehat. Berikut ulasan lengkapnya,

  1. Pemberian Makan dan Minum

Perawatan pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan makanan yang diberikan. Makanan yang dapat diberikan untuk burung ini adalah ulat bambu, cacing tanah hingga ulat Hongkong. Sedangkan untuk minumannya, anda dapat memberikan air yang telah matang. Tujuannya, agar tidak ada bakteri yang dapat menganggu kesehatan burung.

  1. Pembersihan Kandang

Burung peliharaan, kebanyakan akan menghabiskan waktu dalam sangkar. Hal inilah yang perlu diperhatikan saat memelihara burung. Di mana, anda harus melakukan pembersihan kandang secara berkala. Hal ini akan mencegah terjadinya penjamuran pada burung. Kacer yang sehat, akan terlihat gesit dan aktif saat berkicau maupun makan.

  1. Pemasteran Burung

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memasterkan kicauan burung. Caranya dengan mendekatkan burung master yang memiliki suara merdu. Waktu terbaik melakukan hal ini adalah sore hari, karena suhu udara tidak terlalu panas. Jadi, pemasteran dapat dilakukan dengan lebih maksimal dan hasil yang diharapkan akan segera terwujud.

  1. Mandikan Kacer

Kacer adalah burung yang harus dimandikan secara berkala. Waktu memandikannya adalah pukul 08.00 hingga pukul 10.00. Untuk memandikannya dapat dilakukan dengan menyemprotkan air dengan sprayer. Namun sebelum melakukan penyemprotan buatlah settingan sprayer dengan ukuran sedang. Tujuannya, agar sprayer mengeluarkan air tidak terlalu kencang.

  1. Jenis Kelamin Burung

Berikutnya, pilihlah jenis kelamin burung yang akan dipelihara. Hal ini penting untuk anda yang baru pertama kali memelihara burung ini. Jika berencana memelihara burung yang suaranya keras, pilihlah burung berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan untuk jenis kelamin perempuan, cocok untuk yang senang memelihara burung dengan keindahan warnanya.

rgbstock.com
  1. Penempatan yang Kondusif

Kacer merupakan jenis burung yang mudah stress. Untuk itu, burung ini perlu ditempatkan di tempat-tempat yang kondusif. Jika burung mengalami stress, burung tidak akan berkicau atau bergerak aktif. Karenanya, jika membawa burung ini berlomba, sebaiknya latih mentalnya agar tidak mudah stress.

Itulah beberapa cara menangani agar burung tetap sehat dan memiliki suara yang merdu. Namun, jika merasa masih kekurangan informasi tentang burung ini, anda dapat mengunjungi pengicau.net sebagai tempat menambahkan informasi terkait.

5 Jenis Burung Kacer Paling Diminati Di Indonesia

Terdapat lima jenis Kacer yang diincar di Indonesia. Kacer-kacer ini menjadi pilihan, karena memiliki suara dan warna yang indah. Penasaran dengan jenis yang dimaksud? Berikut ulasannya,

  1. Kacer Jawa

Kacer yang banyak diminati dan menjadi incaran banyak pecinta burung adalah Kacer Jawa. Kacer Jawa disukai karena suaranya yang merdu juga dapat menirukan suara burung lainnya. Warnanya cukup indah dengan dominasi hitam pada seluruh bagian tubuhnya. Sesuai dengan namanya, burung ini dapat ditemukan dengan mudah di Pulau Jawa.

  1. Kacer Borneo

Tidak hanya dari Jawa, terdapat Kacer Borneo yang turut menjadi incaran. Kacer ini memiliki perbedaan dalam ukurannya dengan kacer lain. Karena kacer ini memiliki ukuran yang lebih besar dan bobotnya pun lumayan. Untuk mendapatkan kecer jenis ini, anda dapat mencarinya di sekitar daerah Indonesia bagian Timur.

  1. Kacer Madagaskar

Pilihan kacer lainnya adalah kacer Madagaskar. Kacer yang berasal dari Afrika ini memiliki warna bulu yang indah, di mana memiliki warna kebiru-biruan di sekujur tubuhnya. Warna ini akan semakin indah, saat anda meletakkannya dibawah sinar matahari. Menurut informasi, suara burung ini memiliki suara yang jernih.

rgbstock.com
  1. Kacer Blorok

Kacer Blorok dikenal juga dengan nama Srintil yang merupakan hasil persilangan dari Kacer Jawa dan Sumatera. Warna bulunya cukup unik dengan dominasi hitam dan putih pada bagian tubuh. Bila dibandingkan jenis lain, jenis inilah yang  diunggulkan, untuk menirukan suara burung lainnya.

  1. Kacer Poci Sumatera

Kacer Poci adalah Kacer yang terkenal hingga Malaysia. Persebarannya pun cukup luas, yaitu mencapai Nepal hingga Tiongkok. Bulu burung ini cukup indah, dengan warna putih pada bagian punggung, dada dan bola matanya sedangkan dibagian sayap, memiliki warna hitam dan putih.

Jadi, burung manakah yang akan menjadi pilihan? Bila dibandingkan burung kicau lainnya, burung ini tergolong memiliki harga murah. Tidak heran, jika burung kacer lebih diminati oleh pecinta burung dibandingkan burung kicau lain yang memiliki harga tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *