Tips Memilih Buah Kurma Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Pohon kurma merupakan jenis tanaman yang masuk dalam kategori tanaman dioecious yang artinya memiliki jenis jantan dan jenis betina hidup secara terpisah.

Nama latin dari tanaman kurma adalah Phoenix dactylifera. Kurma masih dalam kategori kingdom dari Plantae dalam divisi Magnoliophyta. Kurma adalah makanan pokok sekaligus komoditas unggulan di negara Timur Tengah.

Pohon kurma memiliki panjang ukuran mulai dari 15 meter sampai dengan panjang maksimal 25 meter. Pohon ini tumbuh secara sistem akar tunggal dengan membentuk rumpun di sejumlah batang kurma. Daun kurma memiliki panjang 3 meter sampai 5 meter di lengkapi dengan duri yang menyirip. Terdapat kurang lebih 150 daun muda pada pohon kurma.

Buah kurma

pixabay.com

Buah kurma memiliki bentuk lonjong, oval atau juga silinder. Bentuk buah kurma berbeda-beda tergantung dengan jenis apa buah kurma tersebut. Rata-rata buah kurma memiliki panjang ukuran 3 cm sampai dengan 7 cm dengan diameter ukuran sekitar 2 cm – 3 cm. Biji dari buah kurma memiliki bentuk memanjang dengan ukuran 2 cm sampai dengan 2,25 cm dan tebal dari biji kurma kurang lebih sekitar 8 mm.

Buah kurma terbagi menjadi tiga kelompok atau kategori jika di telisik dari segi tekstur daging buahnya. Yaitu buah kurma lunak, buah kurma semi kering dan buah kurma kering. Tiga pengelompokan kategori tersebut berdasar pada kadar dari kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa di dalam buah kurma tersebut.

Manfaat Buah Kurma

Kurma merupakan makanan yang memiliki segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut akan kami jelaskan beberapa manfaat dan khasiat dari buah kurma untuk kesehatan tubuh kita. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Memperbaiki Sel Kulit Rusak

Dapat memperbaiki sel kulit rusak adalah manfaat dari buah kurma. Karena di dalam buah kurma mengandung zat berupa asam pantotenat yang bisa memperbaiki kulit rusak akibat paparan radiasi sinar matahari, alergi dan lain sebagainya. Dengan rutin mengkonsumsi buah kurma maka akan dapat melindungi kulit mu dari kerusakan akibat sinar matahari dan juga bisa memperbaiki kulit yang rusak.

2. Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat berikutnya daru buah kurma adalah dapat Menjaga Elastisitas Kulit serta mencegah penuaan dini pada kulit. Karena pada buah kurma mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh kulit untuk Menjaga Elastisitas Kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit mu. Jika kamu menginginkan kecantikan alami dengan kulit yang bersih dan elastis, maka rutinlah konsumsi buah kurma.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah kurma memiliki kandungan gizi berupa serat dengan kadar yang tinggi. Dengan mengkonsumsi paling minimal dua buah kurma setiap harinya maka kamu akan terbebas dari berbagai macam masalah dan gangguan pada sistem pencernaan. Kamu tidak akan mengalami sakit diare, disentri, sembelit dan lain sebagainya.

Tips Membeli Kurma

pixabay.com

Sekarang jual kurma banyak sekali di jumpai entah itu di swalayan, super market, mall, pasar tradisional maupun pasar online. Jika kamu berminat membeli kurma secara online, maka kamu bisa membeli di tempat yang sudah terjamin kualitas buah kurma yang di jualnya yaitu di situs web kami Pasarkurma.com. Berikut akan kami sajikan beberapa tips dalam membeli buah kurma yang berkualitas terbaik untuk dikonsumsi. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Ukuran besar

Kurma yang memiliki kualitas terbaik biasanya terdapat ciri-ciri berupa ukuran dari buah tersebut besar dan memiliki bentuk yang lonjong. Dengan ukuran yang besar maka bisa di pastikan bahwa buab kurma tersebut memiliki isi daging buah yang tebal dan banyak. Kurma-kurma yang memiliki ukuran besar antara lain adalah palm fruit atau kurma Tunisia, Kurma Ajwa Madinah dan lain sebagainya.

2. Tidak lengket

Tips membeli kurma berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah permukaan luar dari buah kurma tersebut tidak lengket. Kamu harus berhati-hati ketika membeli buah kurma karena banyak sekali produsen kurma yang curang dengan menggunakan pemanis buatan. Untuk dapat membeli buah kurma yang berkualitas kamu harus memastikan bahwa permukaan luar dari buah kurma tersebut tidak lengket. Karena jika lengket bisa di pastikan kurma tersebut tidak berkualitas dan menggunakan pemanis buatan.

3. Terdapat kulit ari

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli kurma adalah buah kurma tersebut harus masih ada kulit arinya. Dengan kurma yang masih memiliki kulit ari maka buah kurma tersebut bisa tetap segar dan terhindar dari serangan serangga. Buah kurma yang berkualitas bisa kamu pastikan ketika masih ada kulit ari yang menempel pada permukaan luar dari buah kurma tersebut.

4. Di kemas dengan baik

Kurma yang berkualitas biasanya di kemas dengan packaging yang baik. Seperti halnya produk yang kami jual, kemasan produk kurma menggunakan karton tebal dengan isi rata-rata 10 pack pada satu karton. Dengan memilih kurma yang di kemas dalam packaging yang baik tentu saja kurma tersebut berkualitas tinggi.

Nah itulah sekilas mengenai buah kurma beserta dengan tips membeli kurma. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *