Berbagai Hal Mengenai Badan Sertifikasi ISO

Apa itu badan sertifikasi ISO? mungkin beberapa dari anda ada yang sudah mengenal dan juga belum mengenal ISO. Badan ini adalah sebuah usaha ataupun perusahaan yang mengeluarkan maupun menerbitkan sebuah sertifikat ISO. Tentu saja sertifikat yang dikeluarkan tersebut dibuat sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan oleh International Organization of Standarization atau yang lebih dikenal dengan singkatan ISO. Setiap negara mempunyai perwakilannya masing – masing yang mana bisa mengawasi sertifikat ISO melalui sebuah badan nasional yang tentu mempunyai kewenangan dalam mengurusi berbagai hal seperti sertifikat dan juga akreditasi. Di Indonesia sendiri lembaga tersebut lebih dikenal dengan sebuhan KAN atau dengan kepanjangan dari Komite Akreditasi Nasional.

Badan ini erat kaitannya dengan sebuah perusahaan. Hampir semua perusahaan mempunyai lembaga ISO nya masing – masing. Jika anda sudah mengenal berbagai hal terkait dengan ISO maka anda akan paham pentingnya ISO di dalam sebuah perusahaan. Ulasan kali ini akan mengulas mengenai berbagai informasi mengenai badan ISO sendiri. Jika anda penasaran dengan badan ini maka simaklah ulasan di bawah ini hingga selesai.

Asal Mula Lembaga ISO

Mungkin sekarang anda sedang bertanya – tanya mengenai lembaga ISO tersebut sebenarnya berasal dari dalam negeri atau luar negeri. Informasi seperti ini sangat penting untuk dipertanyakan, ketika nantinya anda akan memilih sebuah lembaga ISO maka anda harus mengetahui status dari badan tersebut. Apakah badan tersebut merupakan cabang dari lembaga yang ada di luar negeri atau tidak. Di Indonesia memang terdapat banyak sekali badan ISO, sehingga membuat siapa saja yang ingin bergabung dengan ISO bingung menentukan pilihannya. Rata – rata badan ISO yang ada di Indonesia berasal dari luar negeri.

Jika kebanyakan badan ISO berasal dari luar negeri lantas apa bedanya badan ISO dalam negeri dengan yang ada di luar negeri? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat signifikan antara badan ISO yang ada di dalam maupun luar negeri. Bagi anda yang membutuhkan lembaga ISO maka anda bisa menggunakan lembaga yang ada, asal lembaga ISO tersebut jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Sebenarnya untuk masalah dari dalam maupun luar negeri tersebut tidak masalah, pasalnya sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga ISO semuanya valid dan telah mendapatkan pengakuan baik secara nasional mupun internasional. Sehingga tidak perlu dipermasalahkan antara dari luar negeri maupun dari dalam negeri.

Proses Badan ISO Sebelum Menerbitkan Sertifikat

Badan sertifikasi ISO ini juga mempunyai sebuah proses yang harus dilaluinya sebelum bisa menerbitkan sebuah sertifikat. Proses yang pertama adalah ketika badan usaha maupun sebuah perusahaan tersebut diakui telah memenuhi persayatan dalam mendapatkan sertifikat. Setelah itu maka anda bisa mengajukannya ke pihak Certification Body. Pengajuan tersebut anda ajukan untuk bisa melakaukan proses audit sertifikasi. Nantinya pihak badan sertifikasi akan datang ke perusahaan anda untuk melakukan proses audit. Proses audit ini dilakukan untuk bisa mengetahui kesesuaian antara perusahaan dengan syarat sistem yang sudah ada.

Pada proses audit ini nantinya bisa didapatkan 2 stage. Jika nantinya ditemukan hal yang fatal maka bisa saja perusahaan anda gagal untuk mendapatkan sertifikasi. Tentu saja jika sampai gagal maka anda akan diminta untuk mengajukan permohonan agar bisa dilakukan audit kembali. Tentu saja di posisi ini anda akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk melakukan proses audit kembali. Sehingga ketika akan dilakukan proses audit ini sebaiknya semua telah dipersiapkan sebaik mungkin sehingga nantinya tidak akan menimbulkan berbagai hal yang bermasalah dan merugikan. Biasanya untuk membuat anda paham mengenai badan sertifikasi seperti ini anda juga bisa menggunakan konsultan ISO.

Keberadaan dari badan sertifikasi ISO ini memang sangatlah penting. Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika perusahaan anda mempunyai badan ISO. Bagi anda yang perusahaanya belum bergabung dengan lembaga ISO maka sekarang bisa mulai mencari badan ISO yang bisa anda gunakan. Tentu saja ada banyak sekali lembaga ISO yang bisa anda temukan di Indonesia. Untuk mempermudah dalam mendapatkan lembaga ISO yang paling tepat tentu ada tipsnya. Anda bisa memperhatikan tips memilih badan sertifikasi ISO untuk perusahaan anda, ini dia tips yang bisa anda gunakan :

  1. Status lembaga ISO jelas

Seperti yang sudah disinggung di ulasan atas bahwa untuk menentukan lembaga ISO terbaik adalah mengetahui statusnya. Status ini tentu bisa membuat anda lebih percaya dengan lembaga ISO tersebut.

  1. Mempunyai sumber daya yang jelas

Sumber daya yang dimaksud di sini adalah seperti disediakan sebuah tim yang nantinya akan membantu turun di lapangan. Alangkah baiknya jika sumber daya yang disediakan di dalam lembaga ini jelas.

  1. Berpengalaman dalam bidangnya

Jika memilih lembaga ISO yang sudah berpengalaman maka akan lebih memudahkan nantinya ketika berada di lapangan.

  1. Biaya kompetitif dan transparan

Biasanya dalam memberikan tarif lembaga ISO ini disesuaikan dengan berbagai faktor, tentu saja untuk biaya bisa dibicarakan dengan mempertimbangkan berbagai hal yang sesuai dengan keadaan perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *