Beragam Manfaat Jamu Kunyit

Disamping menggunakan obat-obatan dokter masih banyak orang yang percaya akan khasiat ramuan racikan tradisional. Jamu dipercaya sebagai salah satu obat ramuan Indonesia yang sampai kini masih dapat terus eksis di masyarakat, walau keberadaannya yang mulai jarang, penjual jamu masih bisa Anda temui di beberapa tempat di daerah, khusunya pulau jawa.

Jamu kunyit biasanya terbuat dari campuran kunyit dan juga asam jawa sehingga menghadirkan rasa asam yang seinggir. Secara alamiah, kunyit mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik atau bahan pereda nyeri, selain itu juga berfungsi sebagai antipiretik dan anti radang.  sedang asam jawa sendiri memiliki kandungan antiradang, antipiretik, dan penenang.

Beragam Manfaat Jamu Kunyit

Berikut beberapa manfaat dari jamu kunyit yang bisa Anda dapatkan bila Anda rajin mengkonsumsinya.

  1. Meredakan nyeri haid

Saat wanita datang bulan biasanya merasakan nyeri di bagian perut paling bawah, nyeri ini timbul karena luruhnya dinding rahim bersama dengan darah kotor. Kunyit yang memiliki fungsi sebagai analgesik atau pereda nyeri dapat digunakan untuk meredakan nueri perut akibat datang bulan.

  1. Menurunkan berat badan

Jamu kunyit dapat bermanfata untuk menurunkan berat badan, kandunganantioksida pada yang ada di dalamkunyit berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi tersebut dapat membantu mengurangi resistensi insulin, serta  menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

  1. Mengendalikan gula darah

Bagi anda yang merasa memiliki penyakit diabetes Anda dapat mengendalikan gula darah dnegan cara rutin mengkonsumsi jamu kunyit asam ini. Sebuha penelitian yang dilakukan pada 2012 menunjukkan bahwa orang dengan prediabetes yang mengonsumsi kapsul kurkumin cenderung menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Demikian artikel tentang beragam manfaat jamu kunyit, rajin-rajinlah mengkonsumsi jamu, selain menginginkan khasiat yang didapat dengan mengkonsumsi jamu kita juga turut andil melestarika budaya oranga Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *