Mari Belajar Lebih Dalam Surat Ad Dhuha

Mempelajari surat di dalam al quran merupakan sebuah keharusan. Sebab di dalam al quran terdapat kalimat demi kalimat yang sangat indah. Al quran di karuniakan kepada manusia agar manusia lebih mencintai rabNya. Al quran diturunkan langsung kepada nabi Muhammad Saw sebagai salah satu keajaiban yang diberikan kepada nabi. Al quran dijaga sepenuhnya kebenaran isinya oleh allah swt. Tidak  seperti kitab lainnya yang memiliki resiko dilakukan perubahan oleh umat manusia. Termasuk di dalamnya adalah keindahan di dalam ad dhuha. Belajar lebih dalam surat ad dhuha tentu saja akan mendatangkan keberkahan dan juga kecintaan yang mendalam bagi umat manusia.

Alasan Belajar Lebih Dalam Surat Ad Dhuha

Memutuskan untuk Belajar lebih dalam surat ad dhuha tentu saja memiliki alasan yang mendalam. Keinadhan kalimat demi kalimat di dalam surat al quran termasuk ad dhuha memiliki makna yang cukup dalam bagi umat manusia. Diawali dengan kalimat di waktu siang kemudian dilanjutkan dengan kalimat di waktu malam yang tenang memiliki makna bahwa baik itu di waktu siang hari maupun di malam hari yang tenang manusia tidak perlu merasa takut dan juga khawatir. Sebab allah swt akan senantiasa memberikan penjagaan yang utuh kepada manusia seutuhnya. Penjagaan baik itu di waktu siang dan malam oleh allah swt karena allah swt sangat mencintai hambanya dan juga tidak berharap manusia memiliki rasa khawatir yang berlebihan sepanjang hari.

unsplash.com

Dilanjutkan dengan kalimat bahwa ketika malam yang tenang sekalippun tidak ada sedikitpun allah membenci hambanya yang senantiasa berbuat kebajikan. Di dalam kalimat ini menunjukkan bahwa berita atau kabar yang tersiar ketika itu bahwa di waktu malam hari allah swt meninggalkan nabi muhammad dalam keadaan kebencian itu merupakan kabar yang tidak benar. Sebab di waktu itu, allah swt masih terus berada di dekat nabi dan tidak pernah sedikitpun membenci nabi karena satu dan lain hal. Oleh karenanya bisa dikatakan bahwa baik itu di waktu siang maupun di waktu malam hari sekalipun allah masih mencintai hambanya yang senantiasa memberikan kebaikan.

Dilanjutkan dengan kalimat hari berikutnya adalah sebaiknya hari dari hari ini. Maksud dari kalimat ini adalah hari akhir jelas memiliki keadaan yang lebih baik jika dibandingkan dengan hari sekarang. Sebab hari sekarang merupakan sebuah permulaan bagi orang-orang yang beriman. Hari akhir merupakan sebaik-baiknya hari bagi umat yang senantiasa beriman. Oleh karenanya, bagi umat yang beriman, mempersiapkan hari akhir jelas lebih baik keadaannya jika dibandingkan dengan hanya fokus pada hari ini saja. Di dalam kalimat itu tersirat bahwa meskipun pada saat malam hari manusia mulai meninggalkan barang-barangnya, akan tetapi justru di saat malam hari itu waktunya manusia mempersiapkan diri untuk hari akhir yang sebaik-baiknya hari bagi manusia.

pixabay.com

Makna Di Balik Surat Ad Dhuha

Memiliki niat untuk Belajar lebih dalam surat ad dhuha memang akan memberikan kecintaan yang cukup dalam di dalam diri manusia. Setiap manusia yang diciptakan dari sebongkah tanah dan kelak akan kembali menjadi sebongkah tanah merupakan makhluk yang memang diciptakan dengan sangat baik. Melalui kemampuannya untuk berfikir dan merenungkan segala sesuatunya dengan baik tentu saja akan membuat manusia memiliki segala sesuatunya dengan lebih baik.

Bagi manusia yang beriman, kehidupan dunia merupakan kehidupan yang membuat silau. Namun dunia merupakan tempat yang penuh dengan ke fanaan. Oleh karenanya manusia tidak perlu terlalu fokus terhadap kehidupan dunia saja. Sehingga maksud  di waktu malam hari yang tenang di saat mulai meninggalkan barang adalah ketika hari pembalasan di saat manusia meninggalkan hal keduniaan merupakan sebuah anugerah yang tidak ada tandingannya. Tentu saja dengan mempersiapkan hari akhir merupakan sebuah kabar gembira bagi orang-orang yang beriman serta beramal soleh. Oleh karenanya kehidupan dunia bukanlah merupakan tujuan akhir bagi orang-orang yang beriman dan senantiasa berbuat kebaikan.  Terlebih bagi manusia yang merindukan untuk berjumpa dengan sang pencipta dengan segera. Hari ini bukanlah segalanya bagi orang beriman.

Memperbaiki bacaan surat ad dhuha merupakan sebuah keharusan. Sebab di dalam surat ad dhuha terdapat makna yang sangat dalam bagi umat yang beriman. Keindahan kalimat demi kalimat yang diturunkan oleh allah swt merupakan sebuah keajaiban yang tidak ada gantinya sama sekali. Oleh karenanya bagi umat manusia, berbuat kebaikan baik itu di kala siang hari maupun malam hari merupakan salah satu yang wajib dilakukan. Menebarkan kebaikan di seluruh penjuru dunia merupakan sebuah keharusan. Sebab manusia tidak hanya memiliki kehidupan di dunia saja, akan tetapi memiliki kehidupan hari akhir yang lebih pasti keberadaannya dibandingkan dengan kehidupan dunia yang fana dan menyilaukan. Setidaknya kalimat-kalimat tersebut memberikan semangat dan juga motivasi kepada umat manusia agar terus berusaha menjaga perbuatan baik yang dikerjakannya demi menggapai hari akhir yang lebih indah dan lebih pasti keberadaannya. Oleh karenanya semangat berbuat kebaikan yang disebar di muka bumi merupakan semangat yang tidak boleh luntur sama sekali dan harus senantiasa dijaga agar terus dikerjakan baik di waktu siang maupun di waktu malam hari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *