Ingin Berlibur Ke Pantai Batu Hiu Pangandaran? Yuk Simak Ulasannya Disini

Jika Anda ada keinginan untuk berlibur ke wilayah Ciamis, Jawa Barat, terdapat satu lokasi menarik yang perlu untuk dikunjungi, yakni Pantai Batu Hiu Pangandaran. Dimana pantai tersebut terletak di bagian selatan pulau Jawa sehingga bertemu langsung dengan Samudra Hindia. Tidak banyak pula yang menyebut bahwa pantai tersebut memiliki tampilan yang mirip dengan pantai Tanah Lot di Bali. Penasaran dengan pantai tersebut, yuk simak ulasannya disini.

Legenda Pada Pantai Batu Hiu Di Pangandaran

Pantai satu ini tidak akan lepas dari cerita legendanya pada zaman dahulu. Seperti yang diceritakan oleh penduduk sekitar, legenda tersebut bermula sekitar abad ke 11 silam. Dimana terdapat pasukan yang dibuang dari kerajaan Mataram. Pasukan yang dikomandani oleh Aki Gede dan Nini Gede tersebut pergi dari tanah asalnya, hingga kemudian sampailah di daratan Pantai Batu Hiu Pangandaran.

Saat rombongan tersebut sampai di daratan Pangandaran, mereka memutuskan untuk beristirahat dan menetap di dareah perbukitan di sekitar pantai. Pada suatu hari, Nini Gede menyuruh para pasukannya untuk mencari makanan. Kemudian prajurit yang bernama Ki Braja Lintang memiliki inisiatif untuk mencari makanan di pantai. Hingga kemudian prajurit tersebut berhasil menangkap seekor hiu.

Namun ketika Aki Gede dan Nini Gede mengetahui hal tersebut, mereka menyuruh untuk melepaskan hiu itu kembali ke lautan. Setelah hiu dilepaskan, ikan tersebut berubah wujud menjadi batu hitam yang cukup besar. Dimana keberadaan batu hitam tersebut masih bisa dilihat hingga saat ini. Akan tetapi batu tersebut saat ini tidak berbentuk menyerupai ikan hiu, yang dikarenakan adanya kikisan air laut selama berabad abad.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai

Harga tiket masuk pada kawasan Pantai Batu Hiu Pangandaran telah ditetapkan dengan kisaran yang berbeda beda. Tiket tersebut digolongkan berdasarkan jenis transportasi yang digunakan. Golongan tiket pada pantai tersebut dibagi menjadi golongan pejalan kaki, sepeda motor, mobil jeep atau sedan, mobil carry, bus kecil, bus sedang, dan juga bus besar. Dimana pada setiap golongan harganya berbeda beda. Dan sewaktu waktu dapat mengalami kenaikan.

pexels.com

Jam Buka Di Pantai

Di Pantai tersebut, tidak ada aturan khusus yang menentukan jam berapa tempat wisata akan buka. Pantai tersebut sebenarnya bebas untuk dikunjungi kapan saja, sehingga secara tersirat pantai itu buka 24 jam. Umunya pengunjung akan berkunjung dari pagi hari untuk menikmati matahari terbit hingga petang untuk menikmati matahari terbenam. Jika Anda ingin berkunjung saat malam hari, sangat tidak direkomendasikan. Sebab angin pantai pada malam hari berhembus sangat kencang.

Lokasi Pantai

Lokasi pantai tersebut tepatnya di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Hanya berjarak sekitar 14 kilometer dari Pantai Pangandaran yang berada dibagian selatan. Pada saat weekend, pantai tersebut akan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dan pada hari kerja, pengunjungnya akan lebih sedikit. Di pantai ini juga terdapat beberapa fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan para pengunjung.

Rute Untuk Mencapai Pantai

Saat Anda ingin mengunjungi Pantai Batu Hiu Pangandaran ini, rute yang dapat dilalui tergantung jenis transportasi yang Anda gunakan. Jika akan berkunjung dengan transportasi umum, Anda bisa naik bus dari terminal kota dengan tujuan Pantai Pangandaran. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot jurusan Cijulang. Selanjutnya Anda bisa naik ojek untuk sampai di pantai tersebut.

Jika Anda akan berkunjung menggunakan transportasi pribadi dari arah Pantai Pangandaran, bisa mengambil arah ke jalan Baru Buluk laut yang jaraknya kurang lebih 16 kilometer. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan sampai jalan Merdeka atau jalan Raya Cijulang. Anda akan melihat papan penunjuk arah yang mengharuskan untuk belok ke kiri agar sampai di pantai tersebut. Kurang lebih perjalanan 1 kilometer, Anda kemudian akan menemukan pos retribusi pantai itu.

pexels.com

Daya Tarik Yang Dimiliki Pantai Batu Hiu

Pada saat memasuki kawasan wisata tersebut, Anda akan disambut oleh gerbang tua yang berlorong dengan bangunan yang berbentuk ikan hiu. Dimana gerbang tersebut seakan akan menggambarkan identitas pantai Batu Hiu Pangandaran Tersebut. Gerbang itu juga seakan membenarkan legenda yang telah ada pada masyarakat sekitar. Dimana bentuk ikan hiu tersebut cukup nyata yang dilengkapi dengan gigi gigi tajam.

Selain gerbang lorong tersebut, wisatawan akan menemukan wahana lain yang ada diujung lorong gerbang pantai. Dimana masih ada gua indah lainnya yang berada di sekitar gerbang dengan bentuk hiu itu. Bahkan warga masyarakat setempat pun memercayai jika salah satu gua yang ada disana terhubung dengan salah satu gua yang ada di pantai Utara kota Cirebon.

Selain adanya gerbang dengan bentuk mulut hiu dan pemandangan batu karang yang bentuknya mirip ikan hiu, pantai tersebut juga memiliki daya tarik lainnya. Daya tarik tersebut yakni panorama hamparan luas Samudra Hindia. Di pantai tersebut Anda dapat melihat deburan ombak Samudra Hindia yang kencang menghantam batu karang, serta melihat birunya lautan yang menenangkan hati dan pikiran.

Pada saat musim kemarau pemandangan pantai tersebut akan semakin menakjubkan. Dimana pada saat berkunjung di musim tersebut, akan disuguhkan pemandangan langit berwana biru cerah tanpa awan, kemudian memantulkan keindahannya pada lautan luas. Untuk lebih bisa menikmati pemandangan menakjubkan tadi, Anda perlu menaiki bukit kecil yang terdapat di pantai tersebut.

Di pantai ini juga memiliki struktur struktur tebing yang memanjakan mata. Sehingga Anda bisa menyusuri sepanjang daerah pantai. Namun anda dilarang keras untuk berenang di pantai tersebut. Hal itu karena ombak di pantai selatan berkaitan dengan Samudra Hindia yang dikenal memiliki ombak ganas dan bergelombang tinggi. Maka akan sangat berbahaya dan memiliki risiko tinggi apabila Anda tetap memaksakan untuk berenang di Pantai Batu Hiu pangandaran tersebut.

Pantai yang memiliki batu berbentuk menyerupai hiu ini, tentu bisa menjadi rekomendasi sebagai paket wisata Anda. Selain legenda, pantai ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan pantai pantai lain. Selain itu, akses untuk mencapai pantai tersebut tidak lah susah dan mudah terjangkau. Jika Anda tinggal di Cirebon atau ada keinginan berkunjung ke kota tersebut, ada baiknya untuk mengunjungi pantai indah satu ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *