Mendapatkan Bantuan untuk Mata Bengkak

Apakah reaksi alergi Anda menyebabkan mata bengkak, gatal, dan berair? Patuhi solusi alergi sederhana ini untuk menghilangkan gejala alergi mata Anda.

“Mata bengkak serta lingkaran hitam mata dipicu dari hidung dan hidung tersumbat yang mengganggu aliran darah dengan pembuluh darah di sekitar mata,” jelas Kris G. McGrath, MD, profesor pengobatan di Northwestern University Feinberg College of Medicine, dan Kepala daerah reaksi alergi dan imunologi di Saint Joseph Medical Facility di Chicago.

Alergi mata atau “konjungtivitis sensitif” bisa membuat mata bengkak, berkaca-kaca, gatal, radang, serta rasa terbakar. Alergi mata biasanya terjadi di kedua mata terkait dengan tanda alergi hidung seperti bersin dan juga terisak. Di beberapa bagian Amerika Serikat, gejala alergi mata mungkin lebih umum daripada alergi hidung.

Apa Penyebab Alergi Mata?

Alergi mata dipicu ketika sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap zat asing yang terlibat di mata Anda. Sel unik di mata Anda yang disebut sel mast meluncurkan protein sehat yang disebut histamin yang memicu pembuluh darah di mata Anda serta kelopak mata untuk membengkak. Semua jenis bahan yang masuk ke mata Anda dan juga menimbulkan reaksi alergi disebut iritan.

Iritasi termasuk serbuk sari, bulu anjing peliharaan, tungau debu, dan juga jamur dan lumut. Serbuk sari tanaman rumput dan serbuk sari tanaman ragweed sangat mengganggu mata yang alergi. Jenis reaksi alergi mata meliputi:

Konjungtivitis segar. Jenis reaksi alergi mata ini terjadi setiap musim alergi dan umum terjadi pada anak muda dan dewasa muda.

Konjungtivitis demam hay. Ini adalah respons alergi mata yang ekstrem yang tidak berlangsung lama dan dipicu oleh jenis iritan yang sangat tinggi di udara.

Berbagai alergi mata lainnya. Tanda-tanda reaksi alergi pada mata juga bisa dipicu oleh reaksi obat-obatan, seperti antibiotik penurunan mata, atau alergi lensa kontak.

Pengobatan Reaksi Alergi untuk Mata Alergi Bengkak

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah berusaha menghindari paparan healthida langsung pemicu alergi mata dan juga ke dokter. “Perawatan termasuk penghindaran dan obat-obatan untuk meminimalkan pembengkakan di hidung, sinus, dan juga mata,” klaim Dr. McGrath. “Biasanya semprotan steroid atau antihistamin intra-nasal topikal digunakan dengan antihistamin dan tetes mata penstabil sel tiang; mereka paling efektif mulai dua minggu sebelum serbuk sari tanaman tiba di sini.”

Ada juga beberapa pengobatan dan strategi reaksi alergi yang bagus yang dapat Anda coba sendiri untuk mencegah gejala alergi mata:

Kembali ke Bundel Bulan Pengakuan Alergi Kesehatan dan Kebugaran Sehari-hari.

Cuci tangan Anda. Salah satu cara paling umum yang menyebabkan iritasi masuk ke mata Anda adalah dari tangan Anda. Jadi pastikan untuk mencuci tangan secara teratur dan juga menghindari menggosok mata.

Penggunaan obat tetes mata yang dijual bebas. Pembilasan asin dan robekan buatan dapat membantu menghilangkan alergen dari mata Anda. Tetes mata over-the-counter yang mengurangi kapiler dan memblokir histamin juga tersedia, tetapi harus digunakan dengan hati-hati karena penggunaan berlebihan dari produk ini benar-benar dapat membuat mata Anda lebih sensitif dan iritasi.

Coba kompres dingin. Kain bersih yang dingin atau sekantong sayuran es dapat menenangkan mata Anda yang bengkak, meminimalkan pembengkakan, dan juga meredakan gatal.

Tutup jendela rumah Anda. Anda tidak bisa terus-menerus menghindari iritasi luar, tetapi Anda bisa mencegahnya masuk. Tutup jendela rumah dan mobil Anda serta gunakan AC selama musim serbuk sari. Tetaplah di dalam ruangan saat jumlah serbuk sari tinggi, terutama di pagi dan malam hari serta saat angin bertiup.

Gunakan kacamata. Kacamata hitam atau kacamata resep rutin dapat mencegah serbuk sari dan kotoran masuk ke mata Anda.

Jika Anda memiliki reaksi alergi mata, seringkali sulit untuk menghindari mata merah, gatal, dan bengkak tersebut. Meski kebanyakan dari kita berkedip sekitar 15.000 kali sehari, alergen seperti kotoran dan serbuk sari masih bisa masuk dan juga mengiritasi mata. Gejala alergi mata tidak menyenangkan, tetapi obat alergi tanpa resep dan juga resep dapat membantu. Penting juga untuk diingat bahwa meskipun alergi mata memang menyebabkan mata yang bengkak dan parah, biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen.