Apakah yang Dimaksud Dengan Energi

Dalam kesehariannya manusia selalu membutuhkan energi untuk dapat melangsungkan hidup, seperti saat kita berjalan, sekolah, bekerja, dan aktivitas lainnya. Bahkan energi itu tidak hanya ada dalam tubuh kita saja, beberapa energi dari luar juga sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup manusia, sebagai contohnya seperti energi listrik, energi gerak, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Lalu Apakah yang dimaksud dengan energi?

Energi Dan Maknanya

Secara harfiah energi berasal dari Bahasa Yunani yaitu Ergon yang berarti bekerja, ini sangat cocok dengan semua energi yang diperlukan ketika manusia beraktivitas baik dari dalam diri sendiri maupun energi dari luar sebagai penunjang kegiatan sehari – hari kita. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi mengandung arti sebagai kemampuan untuk melakukan sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan sebagai pendukung proses kegiatan.

Energi Dan Klasifikasinya

Lebih lanjut lagi, energi juga memiliki perannya yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia, menunjang aktivitas serhari – hari, sebagai sarana transportasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah untuk memperjelas hal tersebut maka berikut ini adalah sedikit contoh dari beberapa jenis energi menurut klasifikasinya yang bisa ditemukan di sekitar kita.

  1. Energi listrik

Energi ini bisa timbul karena adanya perpindahan mutan listrik yang terjadi di suatu media, bentuknya pun tidak serta merta seperti listrik yang biasa kita gunakan di perangkat elektronik kita melainkan banyak sekali bentuk nyatanya.

  1. Energi panas

Tidak hanya bisa ditemukan di berbagai peralatan rumah tangga maupun alat berat di luaran sana, namun ini juga bisa tercipta di dalam tubuh manusia karena sejatinya energi panas merupakan suatu bentuk energi yang berubah jadi kalor.

  1. Energi kinetic

Yang satu ini merupakan energi yang dimiliki oleh benda karena adanya gerakan di media tersebut.

  1. Energi bunyi

Meski tak bisa dilihat namun energi bunyi bisa benar – benar dirasakan oleh indera pendengaran kita, hal ini dikarenakan energi bunyi berasal dari adanya aksi gesekan maupun getaran dari beberapa benda.

  1. Energi nuklir

Yang satu ini juga sekarang sudah mulai digunakan sebagai sumber energi dalam kehidupan manusia, energi nuklir tercipta karena adanya reaksi fusi dalam atom serta unsur radioaktiv seperti uranium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *