Apa Itu Blogger Dan Manfaatnya Menjadi Blogger

Banyak yang masih menanyakan apa itu blogger? Sebelum membahas pengertian tersebut, akan lebih baik kalau mengetahui blog itu sendiri apa. Blog merupakan salah satu platform atau salah satu situs website dimana pemilik berbagi informasi tertentu  kepada pengguna umum.

Informasi yang dibagikan juga beragam dan dapat berupa teks, gambar, video, dan audio atau gabungan dari semua komponen tersebut. Sedangkan untuk orang yang berkecimpung dalam bidang tersebut dinamakan blogger.

Terkadang banyak orang menuliskan dan menyebutkan blogger, hanya dengan satu “g” saja namun bisa juga dengan double “g” yang manapun itu artinya tetap sama yaitu orang yang menulis pada platform blog, baik blog milik sendiri maupun milik orang lain.

Sedangkan untuk tujuan penulisannya sendiri, sama sepertiwebsite lainnya, yaitu untuk membagikan informasi tertentu atau berbagi pengalam penulis apabila itu blog pribadi. Seperti yang sudah disebutkan, informasi yang dibagikan kepda pengguna umum merupakan hal yang beragam.

Dapat berupa satu topik pembahasan saja dalam blog tersebut namun bisa juga hal yang random atau acak. Untuk pengguna umum atau server apabila hendak menengok atau membaca informasi yang tertera pada suatu blog, tidak akan dikenakan biaya alias dapat dilihat dan dinikmati secara umum.

Namun perlu diingat, ada beberapa blog dimana informasi yang tertera tidak dapat disalin untuk dijadikan informsi kita sendiri dan ada juga blog yang informasinya bebas kita salin untuk dijadikan informasi pada tugas atau laporan sekolah dengan syarat mencantumkan sumber blog tersebut sebagai bentuk penghargaan atas pemikiran penulis blog tersebut.

Pasalnya tidak menutup kemungkinan,banyak oknum-oknum yang mengutip atau menyalin informasi yang terdapat pada suatu blog tanpa menyertakan sumber atau halaman URL blog tersebut kedalam tugas atau laporan yang dibuat. Hal ini menjadi tindakan yang sangat tidak bijaksanakarena tidak menghargai hasil pemikiran oenulis blog tersebut.

Manfaat Dan Fungsi Blog

pexels.com
  • Sharing Pengetahuan

Platform blog memang menjadi tempat yang sangat berguna untuk berbagi pengetahuan yang kita lebih tahu atau kuasai dengan pengguna lainnya yang masih belum tahu atau sedang membutuhkan informasi tertentu secara cepat.

Informasi yang dibagikan juga sangat beragam dan bisa sesuai dengan kehendak penulis atau mengikuti perkembangan trend yang ada sehingga pengguna yang belum atau kurang mengetahui perkembangan trend yang sedang berlangsung, dapat memperolehnya melalui blog tersebut.

Blogger juga bisa berbagi informasi seputar mata pelajaran sekolah yang paling banyak dicari oleh pelajar dalam membantu mengerjakan tugas sekolah.

  • Tempat latihan menulis

Dengan sering posting atau update mengenai informasi dan trend yang sedang berlangsung, secara langsung menjadikan kita untuk setiapharinya mengasah kemampuan menulis. Itu menjadi hal yang bagus. Seiring berjalannya waktu, maka gaya penulisan juga akan semakin bertambah karena setiap harinya atau seringnya memposting informasi dalam blog.

Bagi anda yang blogger pemula dan masih belum percaya diri dengan keteramplan penulisannya, anda bisa memulainya dengan menuliskan basa-basi mengenai perkenalan atau mulai menuliskan dengan gaya yang santai terlebih dahulu sehingga tidak terlalu kaku dan terpatri dengan informasi yang hendak disampaikan.

  • Tempat berbagi pengalaman

Blog menjadi tempat yang cocok bagi merekayang ingin memulai atau suka dengan gaya penulisan yang luwes dan santay. Dalam blog tersebut, anda bisa menuangkan dan berbagi pengalaman pribadi seperti traveling, resep makanan buatan sendiri, review menganai suatu tempat atau produk, dan tentunya disampaikan dengan gaya bahasa yang santai dan tidak kaku.

Pada umumnya, blogger yang memulai dengan gaya penulisan atau konten dengan gaya bahasa yang santay merupakanpenulis sekaligus pemilik blog tersebut.

  • Tempat membangun jaringan

Selain menjadi media sharingatau berbagi informasi dan pengalaman pribadi maupun orang lain, blog bisa menjadi suatu tempat untuk membangun jaringan. Jaringan yang dimaksudbisa menjadi jaringan pertemanan dan jaringan bisnis yang tentunya menghasilkan uang.

Seorang blogger pasti akan ditanyai oleh pengguna baru atau pengunjung baru yang menanyakan mengenai apa itu blogger dan bagaimana menjadi blogger atau cara buat blog. Pada tahap ini,blogger atau penulis konten bisa membentuk jaringan atau mengumplkan pengguna yang memiliki ketertarikan dalam blog dan menjadi blogger. Dari jaringan pertemanan itu, bisa juga berubah menjadi jaringan bisnis yang saling menguntungkan dalam blog tersebut.

  • Pengasilan tambahan

Bukan hanya jaringan pertemanan saja yang bisa dibentuk.jaringan bisnis atau kerja sama yang menghasilkan uang juga bisa dilakukan melalui situs blog tersebut. Melalui blog tersebut juga bisa menampilkan atau menjual produk tertentu dalam blog tersebut.

Pengunjung blog atau pengguna otomatis pasti tertarik dengan barang yang ditampilkan. Bisa juga blog tersebut sebagai media endorse atau mengiklankan produk perusahaan tertentu dan pemilik blog tersebut tentunya akan mendapatkan bayaran sebagai endorse.

Perbedaan Blog Dengan Website Lain

pexels.com

Banyak jenis website yang bisa dibuat dan dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Seperti website e-commerce yang pusatutamanya adalah toko online, website pendidikan, sampai website berita yang menyajikan berita. Lalu apa bedanya website tersebut dengan blog?

Apa itu blogger juga yang menulis di website tersebut? Sebutan blogger hanya digunakan pada penulis yang menulis di platform blog. Blog selalu menampilkan informasi-informasi yang pada semua website juga tampilkan. Bukan hanya terfokus pada satu topik pembahasan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *