Ancaman Sunda Megathrust, Yuk Intip 4 Fakta Lengkapnya di Sini

 

Bencana alam adalah suatu fenomena yang tidak dapat diprediksi, pun alat canggih hasil dari teknologi mutakhir. Gempa bumi menjadi salah satu ketakutan manusia, terutama di zona yang cukup berpotensi besar seperti Indonesia. Pertemuan dua lempeng benua yang ada di negara ini menyebabkan potensi megathrust cukup besar. Beberapa waktu terakhir, sunda megathrust menjadi perbincangan banyak orang. Yuk intip faktanya di bawah ini agar tidak salah informasi!

Fakta Lengkap Seputar Megathrust

  1. Gempa Besar

Istilah megathrust cukup populer akhir akhir ini, tetapi belum banyak yang tahu makna dari kata ini. Pilihan kata ini juga berarti zona subdiksi atau zona pertemuan dua lempeng benua yang memungkinkan adanya pergerakan. Mekanisme geraknya cukup besar, sehingga potensi untuk terjadi gempa bermagnitudo besar pun cukup tinggi. Tidak hanya itu, kedalamannya juga cukup panjang yaitu sekitar 50 km yang membuat masyarakat resah dan khawatir beberapa waktu terakhir.

  1. Zona yang Terkena Dampak

Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi pertemuan antar dua lempeng benua. Oleh karena itu, potensi terkena dampak sunda megathrust cukup besar. Titik pusat yang terkena dampak gempa ini adalah selat Sunda, tetapi ternyata juga berpotensi merembet ke wilayah lain. Mulai dari Laut Jawa, Bali, hingga ke sisi utara Papua dengan jarak yang relatif sama. Dapat diperkirakan jarak gempa megathrust ini sekitar 200 hingga 250 km di laut lepas, mulai dari Selat Sunda.

  1. Berpotensi Tsunami

Salah satu negara yang sering mengalami gempa adalah Indonesia, mulai dari skala kecil hingga tinggi. Akan tetapi, megathrust ini tetap membuat banyak orang khawatir. Pasalnya, gempa ini berpotensi memiliki magnitude dan kedalaman yang cukup besar. jika hal ini terus terjadi, maka memungkinkan akan terjadi tsunami yang menimbulkan risiko tinggi bagi masyarakat ataupun negara. Bencana alam satu ini telah meresahkan masyarakat selama 2 tahun terakhir.

  1. Tidak Dapat Diprediksi

Setiap bencana alam memang tidak dapat diprediksi, terutama gempa megathrust yang terjadi akibat pergerakan lempeng benua. Saat ini, Indonesia belum memiliki teknologi memprediksi sunda megathrust atau gempa lainnya. Oleh karena itu, cara yang dapat ditempuh adalah selalu siaga agar siap dengan kemungkinan terburuk. Himbauan ini ditujukan kepada masyarakat atau Pemda yang berada di jalur pertempuan lempeng tektonik, sehingga dapat antisipasi sejak dini.

Indonesia berada di jalur pertemuan lempeng tektonik yang bisa menyebabkan potensi gempa bumi cukup tinggi. Terutama lempeng benua yang dapat memicu adanya gempa megathrust, sehingga meresahkan banyak orang. Beberapa informasi hoaks membuat masyarakat semakin takut, tetapi sikap selalu siaga memang diperlukan. Bagi orang atau Pemda yang ada di daerah terkait diharapkan dapat mengambil langkah tepat untuk pencegahan atau tindakan cepat tanggap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *