Anak Belum Bisa Bicara Usia 3 Tahun

 

Anak usia 3 tahun adalah usia dimana dirinya sedang mengalami tumbuh kembang yang pesat. Mulai dari berbicara, berjalan, dan lain sebagainya. Namun, anak usia segitu kadang masih ada saja yang belum bisa bicara. Apa sebabnya?

Phonological Disorder

Pernahkah anda mendengar istilah phonological disorder? Ini merupakan istilah yang disebut sebagai gangguan bunyi bahasa. Ananda tercinta bisa saja mengalami gangguan saat bicara karena hal demikian.

Maka tidaklah heran jika ananda akan berucap tidak sesempurna anak-anak kebanyakan. Salah satu ucapan yang akan didengarnya pasti ada saja satu dua huruf yang tertinggal sehingga membuatnya mengalami gangguan bicara.

Apraksia Bicara

Apraksia bicara dapat mempengaruhi kemampuan lancar atau tidaknya ananda dalam mengucapkan suatu kalimat atau kata. Terkadang, hal ini pula yang mempengaruhi perilaku fisiknya.

Seperti halnya kemampuan bicara yang didengar lalu akan dilantunkan kembali berpengaruh pada lidahnya yang kelu, bibirnya yang sulit digerakan atau rahangnya yang kaku hal ini mungkin saja terjadi.

Receptive Language Disorder

Receptive Language Disorder adalah istilah yang tepat untuk menyebutkan kenapa sering kali anak saat ditanya mengenai apa, maka jawabannya apa. Atau kata lainnya adalah tidak nyambung.

Istilah dari Receptive Language Disorder ini mengandung makna bahwa dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai salah penyerapan bahasa. Hal ini memungkinkan pula kenapa anak 3 tahun belum bisa bicara.

Dysfluency

Disfluency merupakan kemungkinan anak selalu kelebihan mengungkapkan kata atau suku kata. Sehingga dalam kondisi ini anak disebut sebagai gagap. Maka tidak heran jika anak mengalami kesulitan dalam pengucapan.

Bukan masalah pada pengucapan saja yang bermasalah, anak juga kemungkinan akan merasa susah saat bicara karena sedikitnya suku bahasa yang diucapkannya. Ia bahkan lebih cenderung diam ketimbang bicara seperti temannya.

Akan tetapi, kelambanan anak dalam berbicara ini sebenarnya terus bisa dilatih oleh bunda supaya anak bisa semakin lancar dalam berbicara. Dengan demikian, nantinya anak anda bebas bersuara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *