AC Inverter Merk LG, Alternatif Untuk Efisiensi yang Lebih Baik

Salah satu kendala yang menjadi penghambat niatan orang memasang AC di rumah adalah tingginya penggunaan listrik. Masih ada saja pengguna baru yang terkejut saat mengetahui bahwa AC menjadi biang semakin cepatnya mengisi token listrik kembali di rumah.

Harga AC merk LG, Sharp, Aux maupun Gree yang berfitur lengkap dan semakin terjangkau nyatanya tak mampu membuat orang menganalisa kebutuhan dan anggaran. Sayangnya, banyak orang yang justru mencoba mengakali salah beli AC tersebut.

AC Inverter, Bisa Jadi Pilihan Terbaik untuk Ruangan yang Lebih Aktif

pixabay.com

Ya, memang ada beberapa orang yang mencoba menggunakan kompresor yang bisa hidup atau mati sesuai keinginan. Dengan harapan menghemat listrik, pengguna mematikan kompresor saat suhu ruangan dirasa sudah cukup dingin dan menyalakannya lagi jika terasa agak gerah. Nyatanya, justru kebiasaan ini tidak menghemat penggunaan listrik. Kalaupun hemat, efisiensi yang diberikan juga tidak signifikan.

Kinerja yang dilakukan oleh perangkat AC sebenarnya dapat diketahui dengan mudah melalui suara yang dihasilkannya. Saat ruangan mengalami kenaikan suhu, maka AC akan berusaha menurunkan suhu hingga sesuai dengan suhu di remote. Kenaikan suhu sendiri bisa dipicu oleh kehadiran atau bertambahnya jumlah orang dalam ruangan ataupun dari buka tutup pintu.

Untuk mengetahui seberapa intens sebuah AC menggunakan daya dapat diketahui melalui suara yang dikeluarkannya. Saat AC bekerja lebih keras, maka suara yang dihasilkan juga akan semakin terdengar hingga ke lvel yang dirasa berisik atau bahkan mengganggu. Usaha AC untuk menurunkan suhu ini juga membutuhkan daya listrik lebih banyak pula.

Jika Anda memiliki ruangan dengan karakteristik seperti di atas, sering terjadi peningkatan suhu ruangan, sebaiknya mempertimbangkan penggunaan AC berteknologi inverter. Teknologi ini memungkinkan kompresor AC tetap dalam kondisi aktif untuk mempertahankan suhu ruangan sesuai suhu remote. Dalam kondisi ini, kompresor memang tetap menyala namun dalam status siaga atau melambat.

Saat terjadi kenaikan suhu pada ruangan, maka kompresor otomatis akan menyesuaikannya hingga tercapai suhu yang dikehendaki pengguna. Bagaimanapun, penyesuaian yang dilakukan masih lebih hemat dibanding menyalakan kompresor. Dengan demikian, listrik yang digunakan bisa lebih hemat.

Gerakan kompresor pada AC inverter yang secara otomatis ini juga tidak sesederhana sekedar melambat saja. Kinerja kompresor akan bergerak secara dinamis yang akan membuat kebutuhan total dari daya listrik selama penggunaan AC menadi lebih rendah. Hal ini karena tidak ada lagi penarikan listrik tiba-tiba seperti nyala matinya kompresor.

Teknologi inverter ini juga sudah cukup lama menjadi garapan para produsen AC terkemuka di dunia. Namun sayangnya di pasar Indonesia, AC dengan aplikasi teknologi inverter terbaik masih terbatas. Mengingat AC dengan teknologi ini biasanya hanya dibuat untuk ruangan yang besar. Sebagai salah satu AC dengan kategori premium, harga AC inverter pun juga bisa sangat mahal dan kurang terjangkau untuk penggunaan rumah tangga.

Bisa saja Anda memilih AC dengan kebutuhan daya listrik rendah sebagai alternatif putus asa karena mahalnya harga AC inverter. Namun perlu diingat pula bahwa AC dengan daya rendah biasanya tidak akan sanggup mendinginkan ruangan dengan cepat dan juga tidak memiliki kemampuan untuk selalu mempertahankan suhu ruangan dengan baik.

LG Dual Cool Series, Salah Satu Rekomendasi Produk AC Inverter  

pixabay.com

LG Dual Cool Series bisa dikatakan sebagai salah satu rekomendasi AC inverter pilihan karena memiliki kemampuan mendinginkan ruangan dengan cepat sekaligus mampu menjaga suhu udara.

Menariknya lagi, AC berkualitas ini hadir dalam pilihan kapasitas mulai 0.5PK hingga 2PK. Harga AC merk LG ini ditawarkan beragam sesuai kapasitasnya mulai dari Rp 3,6 sampai 7,6 jutaan.

Dengan efisiensi yang dijelaskan di atas, Dual Cool Series ini tak memerlukan daya yang besar untuk bisa beroperasi. Fitur yang dihadirkan juga lengkap seperti halnya Eco, ZXZ dan Deluxe. Dengan demikian, efisiensi yang dirasakan oleh pengguna bukanlah nilai yang asal-asalan. Tidak mau sekedar asal irit saja, produk AC dari LG tetap menjanjikan berbagai fitur fungsional.

Dengan kualitas dan fitur yang dihadirkan, LG tetap membanderol produk AC inverternya agar tetap terjangkau bagi pengguna residensial. Sehingga produk AC inverter ini juga bisa dilirik oleh mereka yang memiliki budget terbatas sekalipun. Dengan varian kapasitas yang dihadirkan, konsumen juga bisa lebih mudah menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Harga memang bisa menjadi faktor utama bagi calon pengguna yang memiliki anggara terbatas. Karena pada saat pasang AC baru, mereka juga perlu menyiapkan anggaran lain seperti untuk membayar jasa instalasi dan berbagai kebutuhan selama pemasangan tersebut. Namun dengan harga jual armaflex lembaran yang kini semakin terjangkau, anggaran ini dapat disesuaikan lebih mudah.

Demikianlah sedikit ulasan tentang teknologi AC inverter dan salah satu produk terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk kebutuhan apartemen dan rumah Anda. Tetap sesuaikan pilihan AC Anda dengan luas ruangan dan anggaran yang ada agar kegerahan tidak berpindah dari badan ke dompet Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *