5 Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan

Buah mangga merupakan salah satu jenis buah-buahan tropis yang ada di Indonesia. Buah ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan asam segar. Selain itu, harga perkilonya pun relatif terjangkau sehingga dapat dibeli oleh seluruh kalangan. Banyaknya jenis mangga yang ada membuat variasi buah ini semakin beragam.

Beberapa jenis buah mangga yang dipasarkan antara lain adalah mangga harum manis, mangga manalagi, mangga apel, mangga yuwen, mangga gedong gincu, mangga madu, mangga golek, dan masih banyak lagi jenis buah mangga lainnya. Hal inilah yang membuat masyarakat dapat dengan bebas memilih jenis buah mangga favoritnya.

Apabila dikonsumsi secara teratur dalam porsi yang seimbang, maka buah mangga ini akan membuat kondisi kulit menjadi lebih halus. Jadi, khasiat buah mangga ini tidak hanya sekadar untuk kesehatan saja. Tentunya Anda sudah sering menemukan produk perawatan kulit yang menambahkan ekstrak mangga pada produknya.

Selain untuk perawatan kulit, ada banyak khasiat buah mangga lainnya. Di bawah ini adalah lima khasiat buah mangga untuk kesehatan.

  1. Mampu Mencegah Jerawat

Buah mangga yang dioleskan pada kulit akan membuat pori-pori pada wajah menjadi lebih bersih sehingga mampu mencegah munculnya jerawat serta komedo. Tidak hanya itu, buah mangga juga akan menjaga kulit tetap sehat.

  1. Mendorong Pembentukan Kolagen

Kandungan Vitamin C dan A yang dimiliki buah mangga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang akan menghasilkan protein kolagen.

  1. Mampu Mencegah Kanker

Kandungan serat pektin yang terdapat pada buah mangga dinilai mampu untuk menurunkan kolesterol dan juga mencegah kemungkinan terjadi perkembangan kanker prostat.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Apabila Anda mengonsumsi buah mangga secara teratur, maka sistem pencernaan Anda akan menjadi lancar.

  1. Menyembuhkan Anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada buah mangga mampu mengobati anemia karena bisa meningkatkan kadar sel darah merah yang ada di dalam tubuh seseorang. Selain itu, kandungan zat besi ini juga mampu untuk mengobati batuk dan juga gusi berdarah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *